Tips Membangun Rumah Tangga Baru

Salah satu hal yang paling menarik dari sebuah kehidupan pernikahan adalah memiliki rumah bersama setelah resmi menikah. Menyatukan rumah tangga anda sebagai sebuah pasangan yang sudah menikah bisa menjadi salah satu dari bagian kehidupan baru seseorang yang paling menyenangkan. Membangun sebuah keluarga baru adalah sebuah hal yang selalu terlihat menarik, banyak manfaat dan juga dapat menjadi sebuah hal yang sangat seru. Namun, hal ini juga yang nantinya akan membuat beberapa pasangan merasa kebingungan dan juga stress. Dan perasaan seperti itu biasanya akan muncul jika seseorang nantinya tidak dapat merencanakan membangun sebuah rumah tangga baru dengan baik. Beberapa masalah mungkin saja nantinya akan terjadi.

Tips Membangun Rumah Tangga Baru

Tidak hanya pesta pernikahan saja yang nantinya harus disiapkan dalam menyambut sebuah status baru. Mental pun juga harus ikut disiapkan dengan tujuan menjadi sebuah pasangan terbaik dan nantinya siap untuk dapat membangun lembaran baru bersama dengan pasangan. Setelah menikah dan menjalani sebuah bahtera rumah tangga, tentulah semua pasangan akan menginginkan rumah tangga yang lebih harmonis dan juga bahagia.

Rumah tangga yang bahagia tentu tidak dapat terjadi tanpa adanya sebuah proses dan juga pembelajaran dari masing-masing pasangan. Namun keinginan tersebut tidak selalu terwujud dengan mudah. Dalam sebuah rumah tangga tentu akan ada beberapa masalah dalam menuju perjalanan rumah tangga yang bahagia. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diingat pada saat anda pasangan akan merencanakan rumah tangga baru bersama-sama.

Melakukan Semuanya Bersama

Tempat tidur, dua meja kopi, meja makan, dua sofa, 10 kursi, dan juga lain-lain. Terdengar seperti sebuah rincian furniture untuk sebuah rumah baru. Sebaiknya direncanakan terlebih dahulu barang mana yang nantinya akan anda dan pasangan inginkan. Anda juga akan menggunakannya di rumah baru, maka kegiatan tersebut harus dilakukan semuanya secara bersama-sama.

Dari sebuah proses memilih sampai dengan proses memindahkan dan juga menatanya di dalam rumah baru anda dan juga suami. Anda mungkin akan punya sebuah ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, teras bahkan juga loteng untuk menyimpan barang-barang yang perlu untuk di pajang. Jika ada barang yang tidak jadi dipakai, maka jangan panik. Anda nantinya akan bisa menjualnya lagi secara online. Ingatlah bahwa ini akan menjadi sebuah permulaan yang seru. Selalu coba untuk nikmati waktu berduaan dengannya.

Buatlah List Prioritas

Bekerja sama untuk selalu memprioritaskan setiap kebutuhan anda dan juga pasangan, baik itu dari segi pengaturan ruang dan juga dekorasi, serta bagaimana anda nantinya ingin menjalankan sebuah rumah tangga bersamanya. Duduklah dan mintalah waktu untuk sebuah percakapan terbuka yang jujur ​​tentang apa yang nantinya ingin diprioritaskan dalam sebuah keluarga baru yang akan anda jalani bersamanya.

Entah itu seperti pilihan dekoratif atau sebuah tradisi liburan, mengatur waktu makan, menu yang nantinya akan disukai dan tidak disukai, apakah perlu membeli sebuah rak sepatu? Semua hal, yang nantinya akan perlu bicarakan dengan pasangan anda. Dan jangan lupa juga, jika anda tidak memakai jasa pembersih rumah atau asisten rumah tangga, sebaiknya anda dan pasangan nantinya harus membagi tugas membersihkan rumah. Hal ini tentu bisa memudahkan anda berdua, ingat bahwa ini seharusnya menjadi saat yang paling menyenangkan dalam hidup.

Prioritaskan Kebutuhan Rumah Tangga

Bekerja sama untuk bisa saling memprioritaskan setiap kebutuhan rumah tangga. Menjaga sebuah kedamaian dan juga keharmonisan rumah tangga adalah sebuah tugas bersama antara anda dan juga pasangan. Sekarang semuanya sudah berbeda, anda harus bisa menjaga sebuah keutuhan rumah tangga bersama. Inilah yang menjadi prioritas hidup anda berdua saat ini.

Tetaplah Berpacaran

Prinsip agar suami istri bahagia dalam membangun sebuah hubungan rumah tangga adalah selalu rutin berpacaran. Meskipun sudah memiliki anak, jangan sampai nantinya kalian tidak pernah merasakan pacaran lagi. Untuk menjaga sebuah hubungan tetap menarik pasca pernikahan, sempatkan waktu berdua untuk berpacaran meskipun itu dilakukan hanya seminggu sekali.

Anda nantinya harus bisa menitipkan anak anda ke orang tua atau baby sitter, agar nantinya anda dan pasangan memiliki waktu yang cukup untuk berduaan. Saat itulah anda dan pasangan berusaha untuk saling memahami perasaan masing-masing. Bisa melakukan banyak hal yang nantinya akan sangat menyenangkan, seperti sekedar minum kopi di kafe, atau menonton bioskop, atau berjalan-jalan menikmati pemandangan alam yang indah.

Hargai Privasi Pasangan

Setiap orang pasti nantinya akan memiliki sebuah privasi yang harus dihargai, tidak terkecuali pasangan anda sendiri. Meskipun nantinya kalian berdua sudah terikat janji suci pernikahan, suami istri memiliki lingkaran pertemanan, pekerja, dan juga beberapa kesenangan pribadi.

Tak perlu mencari kesamaan dan memaksakan sebuah kehendak, sebab itu malah nantinya akan menimbulkan sebuah konflik rumah tangga. Suami istri yang mencapai rumah tangga bahagia adalah mereka yang mampu menjaga privasinya masing-masing.

Terima lah Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat adalah sebuah hal yang lumrah. Meskipun anda nantinya sudah menikah, anda dan pasangan tetaplah dua individu yang memiliki latar belakang dan juga sebuah pola pikir yang berbeda. Sehingga tidak heran jika nantinya anda memiliki perbedaan pendapat dalam melihat suatu masalah. Apabila pasangan anda memiliki pendapat yang berbeda, maka hargailah sudut pandangnya tersebut. Jika muncul sebuah perdebatan Panjang, maka ajaklah ia untuk berdiskusi agar nantinya bisa mendapatkan sebuah solusi titik tengahnya.

Belajar Saling Memaafkan

Manusia memang tidak ada yang sempurna dalam bertindak. Semua orang pastinya juga pernah melakukan sebuah kesalahan, tak terkecuali pasanganmu anda sendiri. Maka dari itu prinsip untuk dapat membangun rumah tangga yang lebih harmonis salah satunya adalah untung saling belajar memaafkan. Sebaiknya disampaikan secara baik-baik kepada pasangan anda bahwa terdapat hal-hal yang tidak disukai. Diskusikan dengan pasangan anda agar nantinya bisa mendapatkan sebuah titik tengah dari permasalahan yang ada.

Namun apabila pasangan anda terus menerus melakukan kesalahan yang sama dan hal tersebut menimbulkan tekanan mental, mungkin sudah saatnya anda membutuhkan orang ketiga yang profesional seperti psikiater ataupun psikolog.

Hargai Saran dari Pasangan

Salah satu cara yang juga akan menunjukkan sebuah rasa kepedulian terhadap pasangan anda adalah dengan menerima saran yang ia berikan untuk dapat mengubah sedikit kebiasaan anda. Prinsip ini akan membangun sebuah rasa percaya satu sama lain. Selain itu sampaikan juga kepada pasangan anda bahwa ia adalah orang yang sangat penting untuk hidupnya.

Demikian itulah beberapa tips membangun rumah tangga baru, membangun sebuah hubungan pernikahan pastinya akan cukup sulit jika tanpa adanya persiapan. Hubungan rumah tangga adalah sebuah hubungan dengan jalan yang cukup terjal. Oleh karena itu nantinya anda dapat mempersiapkan beberapa hal untuk membangun kehidupan rumah tangga baru. Selamat berbahagia!