Tips Mendidik Anak Agar Sukses

Siapa orang tua yang tidak akan bangga jika mendengar anak-anaknya di kemudian hari tumbuh menjadi seorang anak yang sukses dan berhasil meraih prestasi. Tertentu juga anak yang sudah diakui oleh masyarakat, kita semua pastinya menginginkan sebuah kehidupan yang bahagia. Namun, biasanya sebagai orangtua, Anda juga sebaiknya memutuskan sebuah prioritas penting yang ada di dalam hidup. Yaitu dengan cara berusaha agar nantinya akan dapat mencapai sebuah kebahagiaan dan juga sebuah kesuksesan di dalam hidupnya sendiri . Prioritas dalam mengasuh anak bukanlah sebuah faktor yang muncul sendiri. Terdapat juga sejumlah cara atau proses yang digunakan untuk dapat diajarkan oleh orangtua agar nantinya anak dapat sukses.

Anak nantinya dapat mengawali memiliki sebuah tempat tinggal dan lingkungan yang cukup baik, sekolah yang mendukungnnya, dan kesempatan anak untuk dapat berkembang dalam sebuah kehidupan yang ramah. Sebagai orangtua, Anda juga harus menjadi role model yang baik, bagi anak-anak Anda nantinya. Oleh karena itu,perhatikan sikap anda nantinya dalam keseharian dan tetaplah bahagia. Jika anda nantinya memiliki sebuah masalah emosional, maka hal ini nantinya akan menjadi sebuah hal yang juga akan berdampak pada masalah emosional anak.

Tips Mendidik Anak Agar Sukses

Orangtua yang bahagia nantinya akan memiliki anak-anak yang juga akan bahagia pula. Sehingga, anak Anda nantinya akan dapat berpacu dalam memiliki sebuah hubungan yang baik dengan orang-orang yang ada disekitarnya. Keluarga yang bahagia juga nantinya akan dapat merayakan banyak hal besar dan juga hal kecil bersama-sama. Hal-hal tersebut seperti, hari pertama ke sekolah, promosi kerja, menikmati liburan, dan festival atau perayaan tertentu.

Perayaan ini nantinya akan dapat dilakukan secara sederhana, seperti pergi ke taman bersama-sama, maupun mengadakan sebuah surprise party yang sederhana. Keluarga yang bahagia nantinya juga akan memacu anak-anaknya agar dapat menjadi lebih bahagia. Jangan lupa anda sebagai orang tua untuk membiasakan anak nantinya makan bersama. Cara ini merupakan sebuah cara yang digunakan sebagai salah satu rahasia keluarga yang harmonis. Hal ini nantinya akan memberikan sebuah dampak yang sangat positif yaitu terhadap tumbuh kembang anak. Yaitu berguna untuk dapat meningkatkan sebuah rasa percaya diri dan juga berguna untuk dapat memperbanyak kosakata anak yang dimiliki oleh anak anda nantinya. Karena anda dan anak anda yang sering berinteraksi dengan anggota keluarga yang lainnya. play-button

Pengalaman Orang Tua Saat Anak Usia 10-12 Bulan

Tahukah anda bahwa sebuah pengalaman berharga bagi orang tua adalah pengalaman selama anak berusia 10-12 bulan. Pengalaman keberhasilan di dalam masa ini, nantinya akan menumbuhkan motivasi dan juga sebuah keyakinan diri. Mengalami sebuah proses belajar dan juga menikmatinya merupakan sebuah syarat utama keberhasilan mendidik anak di kemudian hari.

Catherine Yusuf, M.Psi., Psi., CGA

Hindarilah untuk dapat memuji hasil yang dicapai oleh anak Anda dengan cara yang berlebihan. Seperti halnya memuji anak ketika sedang bernyanyi, atau memuji anak ketika nantinya mendapatkan sebuah nilai yang bagus. Akan lebih baik jika nantinya Anda sebagai orang tua yang dapat menilai proses kerja anak. Seperti halnya anda yang nantinya akan dapat memuji anak anda nantinya pada saat mereka sangat tekun belajar. Atau dalam hal ini nantinya anda bisa memuji saat mereka telah berlatih keras atau saat nantinya telah berhasil menyelesaikan sebuah masalah yang sulit.

Tujuan dari proses tersebut nantinya agar anak anda dapat selalu terpacu untuk bisa berusaha keras dan juga untuk bisa menanamkan sebuah growth mindset yang ada dibandingkan sebuah fixed mindset. Kondisi ini nantinya adalah sebuah kondisi yang akan dapat membuat anak anda nantinya bisa menghargai usaha. Dan bukan hanya menengok tentang hasil akhirnya saja. Ketika anak nantinya akan dapat menunjukkan sebuah talenta atau sebuah bakat yang baik, sediakanlah sebuah peluang bagi mereka. Agar nantinya mereka dapat mengembangkan semua hal tersebut dengan cara yang optimal. Dukungan Anda terhadap anak anda nantinya, merupakan salah satu cara yang penting untuk sebuah kesuksesan anak nantinya. Hal ini juga akan menjadi salah satu kunci sukses anak anda untuk mencapai tujuannya.

Komunikasi Dengan Anak

Berkomunikasilah dengan anak-anak Anda, hal ini adalah sebuah hal yang sangat penting yang harus anda lakukan. Jika Anda nantinya ingin anak Anda dapat bahagia dan juga anda ingin jika anak anda nantinya dapat sukses. Maka anda yang bisa mengkomunikasi semua hal. Dengarkan dan kemudian berikan perhatian yang lebih ketika nantinya mereka sedang mengutarakan pendapatnya. Letakkan juga koran atau gadget Anda nantinya pada saat anak anda sedang bercerita kepada Anda. Dengan memberikan sebuah respon yang positif terhadap pendapat yang akan disampaikan anak anda, nantinya hal ini akan membuat anak menjadi lebih komunikatif kepada orang tuanya.

Ajarkan Kemampuan Dasar

Ajarkan anak Anda nantinya tentang beberapa kemampuan-kemampuan yang nantinya akan dapat mereka butuhkan dalam kehidupan hariannya. Selain itu juga, anda yang jangan lupa untuk terus melatih kemampuan tersebut, artinya anak yang tidak belajar dengan sendiri. Paparkan anak Anda juga dalam berbagai pengalaman hidup atau beberapa masalah yang akan datang.

Sehingga nantinya anak anda juga dapat memahami hal tersebut. Dengan demikian, Anda nantinya juga telah membangun sebuah kemampuan anak dalam hal bertanggung jawab. Dalam sebuah keseharian anak, memberikanku sebuah dukungan secara totalitas, baik yang dilakukan dari segi psikologis, finansial, emosional, intelektual, maupun juga dalam spiritual.

Belajar Dari Kesalahan

Belajarlah dari sebuah kesalahan tanpa menghilangkan sebuah antusiasme anak. Hal ini nantinya juga menjadi sebuah hal yang perlu Anda tanamkan kepada anak. Mereka nantinya tidak perlu merasakan minder atau anak yang tidak akan merasa takut ketika gagal. Karena hal tersebut adalah sebuah langkah awal dari sebuah kesuksesan yang nantinya akan diraihnya oleh anak anda di kemudian hari.

Anak nantinya harus selalu mampu terbuka terhadap setiap kegagalan yang mereka terima. Dengan mau belajar serta bertahan dalam berbagai macam rintangan yang nantinya akan ada di depan. Agar nantinya anak anda akan dapat mengembangkan sebuah ketahanan. Anda yang nantinya juga bisa mempercayakan anak untuk dapat menyelesaikan beberapa masalahnya sendiri. Serta berani untuk mengambil sebuah resiko untuk tidak selalu mendikte anak secara terus menerus.

Fokus Kepada Impian

Kesuksesan anak juga nantinya akan dapat diraih ketika mereka nantinya dapat memberikan sebuah performa yang baik. Serta berusaha untuk tetap fokus terhadap setiap impian yang nantinya ingin dicapai. Intelegensi atau sebuah kemampuan kognitif ini nantinya menjadi sebuah cara yang lebih diperlukan ketimbang faktor diluar diri anak itu sendiri. Seperti halnya sebuah status ekonomi dan juga sebuah status sosial.

Demikian itulah beberapa cara yang dapat anda pakai untuk mendidik anak anda menjadi pribadi yang sukses. Dengan mengajarkan hal-hal dasar tersebut kepada anak, anak nantinya akan menerapkannya sampai sang anak nantinya dewasa. Dan anak nantinya akan mempunyai sebuah bekal untuk dapat mengapa impiannya.